Sejarah Karya Seni Patung di Indonesia

Sejarah Karya Seni Patung di Indonesia

Belipatung.com – Sejarah Karya Seni Patung di Indonesia. Darah seni di rakyat Indonesia sudah terpatri sejak dahulu kala. Dengan beragamnya suku dan budaya semakin menambah kekayaan khasanah kesenian di Indonesia.

Seni patung sudah dikenal di Indonesia sejak 1500 tahun SM. Seni patung berkaitan erat dengan seni ukir.

Baca Juga : Mengenal Jenis Seni Patung dan Tips Teknik Pembuatannya

Hal ini terlihat dari peninggalan nenek moyang bangsa kita dengan ukiran kapak batu. Dibuat dari tempaan tanah liat dengan pahatan sederhana.

Kecambah Art
Kecambah Art

Dan sejak dahulu nenek moyang menggunakan bahan-bahan seperti kayu, bambu, tanah liat, kulit dan tanduk hewan.

Corak ukir yang dibuat pun masih berbentuk geometris berupa garis, titik dan lengkungan.

Perkembangan seni ukir mulai di zaman perunggu, yaitu antara tahun 500 SM sampai tahun 300 SM. Mereka sudah menggunakan bahan perunggu, emas dan parak, bahkan sudah mengenal teknik cor dan mulai memiliki variasi yang betagam.

Kemudian seni ukir berkembang dengan pesatnya sejak masuknya agama Hindu, Budha dan Islam. Karya seni patung dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada Raja, maka di buatlah, candi, stupa, prasasti.

Bahkan ukiran juga ditemukan pada alat musik gamelan (alat-alat kesebian), keris, batu nisan dan tombak.

Motifnya biasanya berkisah tentang para dewa dan pahlawan. Setelah seni ukir mengalami kejayaannya mulailah masyarakat Indonesia mengenal seni pahat dan patung.

Masyarakat sudah mulai tertarik dengan bentuk keindahan karya seni, mulai berfikir untuk menciptakan karya seni yang indah dan menarik, tidak hanya mengukir tapi membuat bentuk.

Karya Seni Patung Sebagai Hiasan dan Pajangan

Produk Beli Patung

Setelah berkembang dengan pesat seni ukir dan patung saat ini sudah tidak lagi sebagai ritual dan magis. Masyarakat mulai menganggap seni patung sebagai karya seni untuk hiasan dan pajangan.

Seni patung ini sudah dikenal di seluruh Nusantara, dengan banyaknya variasi dan perbedaan jenis pahatan yang menggambarkan ciri khas suatu daerah tersebut.

Misalnya pada motif padjajaran, Mataram, Majapahit, Bali, Madura, Pekalongan, Jepara, Cirebon, Surakarta dan berbagai motif daerah di luar Jawa.

Namun sejak munculnya seni rupa modern Indonesia ketika awal abad ke 20, seni patung mulai dipandang sebelah mata, sudah kalah pamor dengan seni lukis, apalagi ketika seni kontemporer mulai berkembang di Indonesia, seni patung mulai terabaikan.

Walaupun begitu, patung banyak digunakan di era millenials saat ini seperti logo sebuah perusahaan, penghormatan kepada pendiri bangsa atau sebuah perusahaan bahkan juga masih banyak digunakan sebagai hiasan di rumah atau apartemen.

Sebuah seni patung merupakan karya seni dengan menggambarkan bentuk dan keindahan, lewat originalitas sebuah karya seni. Kami dari BELIPATUNG merupakan studio yang membuat karya seni patung, berbagai macam model dan ukuran.

Mulai dari ukuran kecil sampai super besar, kami bisa mengerjakannya. Kami sudah berpengalaman membuat karya seni patung sejak tahun awal 80, dan karya seni patung kami tidak hanya di Indonesia melainkan mancanegara seperti Jerman, Belanda, Jepang dan Korea.

Untuk info mengenai pembuatan karya seni patung bisa menghubungi kami di 089 777 953 43.

error: Content is protected !!