Mengenal Teknik dalam Seni Ukir Nusantara

Mengenal Teknik dalam Seni Ukir Nusantara

Belipatung.com – Mengenal Teknik dalam Seni Ukir Nusantara. Kamu anak Zaman milenial belum mengenal teknik dalam seni ukir nusantara? Apa kata dunia?, Ada beberapa teknik ukiran yang paling sering di jumpai dalam berbagai karya seni ukir saat ini, antara lain:

  1. Carving

Carving atau memahat merupakan teknik dalam seni pahat yang pengerjaannya dengan memotong pada bagian tunggul pohon, kayu besar, atau batu, menggunakan kapak dan pahat untuk membuat ukiran agar tampak dan bentuknya menjadi tiga dimensi.

Teknik ini biasanya dilakukan dengan menggunakan berbagai alat bantu seperti mesin potong, gergaji, gerinda, alat pahat dan palu, pisau ukir sering digunakan untuk memperjelas detail-detail.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Patung Terbaik di Solo

Dalam ukiran relief, pengrajin pahat kayu membuat gambar terlebih dahulu kemudian mulai mengukir kayu hingga tampak bagian yang timbul seperti relief.

  1. Pembakaran kayu

Pembakaran kayu adalah teknik yang digunakan untuk menambah kesan pada desain tekstur atau untuk  tahap akhir finishing pada kayu, tetapi beberapa pemahat benar-benar menggunakan metode pembakaran hanya untuk mengukir kayu kecil. Kayu yang dibakar akan menghitam di sekitar ukiran akhir dan memperjelas kesan sehingga tampak lebih hidup.

  1. Mengerik

Mengerik adalah salah satu cara tertua dan paling sederhana dalam teknik memahat kayu. Teknik ini melibatkan tidak lebih dari sepotong kayu dan pisau ukir.

Seni ini ternyata cukup rumit walaupun tampaknya sangat mudah, bagi pemula untuk membuat ukiran dari teknik ini dapat menghabiskan waktu berjam-jam.

Para seniman handal atau pemahat kayu yang sudah terampil dapat menggunakan pisau dengan ukuran terkecil untuk memperjelas detail dari ukirannya.

Selain terbuat dari kayu, ada juga seni ukir yang terbuat dari sabun batang, sayuran, buah-buahan, dan sebagainya.

Seni Ukir Buah dan Sayur-sayuran yang kreatif

Salah satu tujuannya seni ukir pada makanan yaitu agar anak-anak menggemari makan makanan sehat.

Seniman ukir buah-buahan dan sayuran sengaja membuat seni kreatif ini agar menarik hati, serta membiarkan anak-anak bermain dengan buah-buahan dan sayur-sayuran agar dapat membantu dan mendorong mereka untuk mengkonsumsi makanan sehat.

Ukiran kreasi pada sayur-sayuran dan buah-buahan yang berbentuk rumit biasanya hanya dipajang di hotel-hotel berbintang, seperti di Australia, keahlian ini justru dianggap sebagai sebuah karya seni.

Untuk awal lebih mudah mengukir labu karena teksturnya yang tidak terlalu lembut, tapi juga tidak terlalu keras. Labu menjadi ukiran yang paling banyak dibuat pada Festifal-festifal Labu atau hari Haloween di Amerika

Di Indonesia ukiran buah, es, dan sayuran sudah banyak di acara sepertti nikahan, selain untuk edukasi, tampilannya yang unik, tentu akan membuat anak-anak bermain dengan makanannya, karena kemudian mereka akan tertarik dan kemudian memakannya.

error: Content is protected !!